Tiga Hari Rapid Test Klaster Indogrosir: 54 Orang Reaktif

CNN Indonesia | Jumat, 15/05/2020 13:05 WIB
Petugas medis menunjukkan sampel saat Rapid Test di Pasar Bogor, jalan Roda, Suryakencana, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (29/4/2020). PD Pasar Pakuan Jaya bersama Dinkes Kota Bogor melakukan Rapid Test sebanyak 300 sampel untuk pegawai dan pedagang pasar sebagai upaya antisipasi penyebaran virus Corona (COVID-19) di pasar tradisional Kota Bogor. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww. Ilustrasi rapid test. (ARIF FIRMANSYAH/ARIF FIRMANSYAH)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 54 orang dinyatakan reaktif alias positif Virus Corona (Covid-19) berdasarkan rapid test dalam pengecekan massal oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, DIY, terhadap klaster Indogrosir, selama 3 hari.

Klaster Indogrosir diketahui merupakan klaster baru penyebaran Covid-19 di Yogyakarta. Bermula dari satu kasus karyawan, kasus ini ditelusuri hingga ke semua pengunjung swalayan itu pada periode tertentu.

"Total 1.227 [ikut rapid test], hasil reaktif 54 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sleman Joko Hastaryo saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (15/5).


Ia menjelaskan pada hari pertama pelaksanaan rapid test atau hari Selasa (12/5), peserta sebanyak 461 orang. Dari jumlah tersebut, 20 orang yang reaktif.

Pada hari kedua, rapid test diikuti oleh 427 orang dan ditemukan 16 orang yang reaktif. Pada hari ketiga, 339 orang ikut tes dan ditemukan 18 orang yang reaktif.

Joko mengatakan 54 orang yang dinyatakan reaktif tersebut merupakan warga Sleman. Pihaknya pun akan segera melakukan cek swab atau tes PCR kepada orang-orang yang dinyatakan reaktif tersebut.

"[Swab] baru berproses hari ini dan besok," ucap dia.

Diketahui, Supermarket Indogrosir di Sleman, Yogyakarta ditutup pada 5 Mei lalu lantaran ada 1 pegawai yang positif terinfeksi Virus Corona.

Bupati Sleman, Sri Purnomo lalu mengumumkan akan melakukan rapid test terhadap para pengunjung supermarket tersebut pada periode 19 April - 4 Mei 2020.

(yoa/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK