ANALISIS

Khabib vs GSP, Sebatas Dahsyat dalam Angan

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Selasa, 23/02/2021 19:09 WIB
Tanpa kerendahan hati dari Khabib dan GSP, duel mereka berdua hanyalah akan dahsyat di dalam angan masing-masing penggemar UFC. Khabib tak mau bertarung lawan GSP selain di kelas ringan. (AFP/Ed Mulholland)
Jakarta, CNN Indonesia --

Khabib Nurmagomedov dan Georges St-Pierre (GSP) mengaku antusias dan saling ingin bertarung. Namun melihat kondisi yang ada sejauh ini, pertarungan Khabib vs GSP hanya bakal hadir di angan penggemar MMA.

Khabib sudah menegaskan bahwa ia tidak akan bertarung kembali ke octagon dengan lawan-lawan yang punya kualitas biasa. Georges St-Pierre diyakini jadi sedikit, atau mungkin satu-satunya yang membuat Khabib rela menarik ucapan 'pensiun dari MMA' yang pernah keluar dari mulutnya.

Khabib punya rasa hormat yang tinggi pada GSP. Sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov semasa hidupnya juga memimpikan Khabib bisa berduel dengan GSP.


GSP adalah sosok legendaris di UFC. GSP bukan sosok petarung sempurna yang kariernya tak ternoda seperti halnya Khabib saat ini. Namun GSP adalah protagonis UFC sebelum kemunculan Khabib.

NEW YORK, NY - NOVEMBER 09: Khabib Nurmagomedov of Russia addresses the media during UFC 205 Ultimate Media Day at The Theater at Madison Square Garden on November 9, 2016 in New York City.   Michael Reaves/Getty Images/AFPKhabib saat ini berstatus pensiun namun minat menghadapi GSP. (AFP/Michael Reaves)

GSP terakhir kali bertarung di tahun 2017 ketika ia merebut sabuk juara kelas menengah usai menang melawan Michael Bisping. Laga lawan Bisping itu sendiri merupakan duel perdana GSP sejak 2013.

Setelah menang lawan Bisping, GSP kembali menepi dan tak lagi tampil di UFC. GSP sudah menyatakan pensiun namun ia mengaku masih menjaga kondisi tubuh dan membuka kemungkinan kembali bertarung, bila ada lawan yang menggoda dan membangkitkan motivasinya.

Andai Khabib berjumpa GSP, tentu sajian duel dahsyat bakal terjadi di octagon. Khabib mungkin bakal berhadapan dengan ujian terbesar dalam kariernya lantaran GSP juga piawai dalam ground fighting.

GSP juga bakal mendapati ujian besar yang mungkin berbeda dari lawan-lawan tenar yang pernah ia hadapi di eranya seperti B.J Penn dan Nick Diaz.

Khabib dan GSP, Dua Raja yang Nyaman di Istana

Khabib adalah raja kelas ringan UFC. Ia tak terkalahkan dalam seluruh pertarungannya di kelas tersebut.

Rekor 29-0 milik Khabib adalah bukti ketangguhan Khabib selama di octagon. Khabib bahkan disebut benar-benar sulit disentuh dan mayoritas unggul di seluruh ronde yang ia mainkan.

Sosok Khabib yang menguasai ground fighting benar-benar tak bisa dijinakkan oleh lawan.

GSP adalah raja kelas welter semasa ia aktif berlaga. Sejak merebut sabuk kelas welter sekaligus balas dendam pada Matt Serra di 2008, GSP tak pernah mengalami kekalahan dalam sembilan laga mempertahankan gelar.

Ketika ia memutuskan vakum selama empat tahun, GSP langsung berani tampil di kelas menengah untuk duel lawan Bisping dan memenangkannya.

Khabib antusias lawan GSP, pun begitu halnya dengan GSP yang punya keinginan untuk menjajal ketangguhan Khabib.

Namun keduanya bak raja yang tak mau merendahkan diri dan turun dari singgasana. Keduanya memilih tinggal di istana kenyamanan mereka masing-masing.

NEW YORK, NY - NOVEMBER 04: Georges St-Pierre of Canada enters the octagon for his UFC middleweight championship bout against Michael Bisping of England during the UFC 217 event at Madison Square Garden on November 4, 2017 in New York City.   Mike Stobe/Getty Images/AFPGeorges St-Pierre menyatakan tak mungkin bertarung di batas kelas ringan. (Mike Stobe/Getty Images/AFP)

Khabib sudah menyatakan bahwa ia hanya mau menghadapi GSP di kelas ringan. Khabib menegaskan dirinya adalah juara di kelas ringan dan hanya akan bertanding di batas kelas tersebut.

GSP sudah menyebutkan bahwa tak logis baginya untuk turun memangkas bobot tubuh hingga batas kelas ringan UFC yaitu 155 pounds atau 70,3 kg.

GSP selama ini lebih sering bertarung di kelas welter dan bahkan terakhir kali tampil di octagon dengan batas bobot tubuh kelas menengah yaitu 185 pounds alias 83,9 kg.

Latar belakang itu membuat GSP yakin turun ke kelas ringan sulit diwujudkan oleh dirinya sekaligus merugikan dirinya dalam bertarung.

GSP juga sempat menyebutkan pertimbangan-pertimbangan lain seperti pemusatan latihan yang bakal membuatnya jauh dari anak dan keluarga serta risiko keluar dari Kanada di tengah pandemi corona.

Keteguhan dua petarung tersebut benar-benar membuat laga Khabib vs GSP masih jauh dari kenyataan. Duel Khabib vs GSP memang bakal berlangsung dahsyat, namun semuanya itu masih dalam angan tanpa jalan jelas untuk menjadi kenyataan.

[Gambas:Video CNN]



Catchweight, Solusi Khabib vs GSP

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK