CATATAN PERJALANAN WISATA

Jadi Turis Sembari Meliput Festival Film Busan

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Minggu, 17/11/2019 14:03 WIB
Pemandangan kota Busan di Korea Selatan. (Istockphoto/Pinglabel)
Busan, CNN Indonesia -- Terik matahari dengan semilir angin sejuk menyambut kedatangan saya di Gimhae International Airport, BusanKorea Selatan pada pertengahan Oktober lalu.

Oktober menjadi salah satu bulan terbaik untuk mengunjungi kota terpadat kedua di Korea Selatan setelah Seoul tersebut. Selain karena cuaca yang menyenangkan, Busan juga menjadi pusat industri perfilman dunia pada bulan tersebut.

Busan International Film Festival akan selalu diselenggarakan Oktober setiap tahun. Ragam film mancanegara termasuk Indonesia bisa disaksikan secara bebas oleh masyarakat. Satu tiket dijual 7 ribu won atau sekitar Rp84 ribu (kurs 1 won = Rp12).


Antusiasme masyarakat jelas terlihat untuk festival film terbesar di Asia tersebut. Saya sempat ikut 'peperangan' untuk tiket screening dan red carpet pembukaan. Namun, tiket tersebut langsung habis hanya dalam tiga menit.

Tak hanya itu, bukan hal mudah untuk mendapatkan tiket film-film yang ditayangkan di acara tersebut.

Tahun ini, Busan International Film Festival menayangkan 299 film dari 85 negara. Meski terkesan banyak, jumlah peminat film jauh lebih banyak lagi. Sedikit sulit jika membeli tiket film yang hendak ditonton pada hari yang sama.

Penjaga loket tiket pun menyarankan agar membeli tiket satu hari sebelum film ditayangkan. Pengunjung bisa mengambil buku panduan secara cuma-cuma hampir di setiap sudut lokasi Busan International Film Festival.

Acara utama diselenggarakan di kawasan Haeudae-gu. Namun, festival tahunan tersebut juga digelar di BIFF Square Nampo-dong, lokasi awal festival film tahunan tersebut. Di sana, masyarakat bisa menikmati penayangan film-film lawas secara cuma-cuma.

Tak hanya itu, Nampo-dong juga memiliki 'Walk of Fame' layaknya di Hollywood atau yang dikenal dengan Star Street. Di sepanjang jalan banyak terdapat tanda tangan pelaku industri film dunia.

Catatan perjalanan wisata di Busan masih berlanjut ke halaman berikutnya...


[Gambas:Video CNN]

Jadi Turis Sembari Meliput Festival Film Busan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4