5 Cara Membuat Anak Mau Pakai Masker

tim, CNN Indonesia | Jumat, 30/07/2021 07:17 WIB
Saat terpaksa keluar rumah, pastikan anak selalu memakai masker. Orang tua bisa melakukan sejumlah cara membuat anak mau pakai masker. Saat terpaksa keluar rumah, pastikan anak selalu memakai masker. Orang tua bisa melakukan sejumlah cara membuat anak mau pakai masker.(Foto: iStockphoto/FamVeld)
Jakarta, CNN Indonesia --

Saat terpaksa keluar rumah bersama anak, pastikan anak untuk selalu memakai masker. Orang tua atau pengasuh bisa melakukan sejumlah cara membuat anak mau pakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

Menggunakan masker adalah salah satu cara untuk mencegah penularan Covid-19. Risiko anak tertular Covid-19 akan lebih rendah saat memakai masker.

Namun, membuat anak memakai masker sering kali tak semudah pada orang dewasa. Anak-anak umumnya belum paham mengenai pentingnya memakai masker. Mereka juga mudah merasa gerah.


Oleh karena itu, orang tua memiliki peran penting untuk membujuk anak mau memakai masker.

Berikut cara membuat anak mau pakai masker:


1. Pahami anak

ilustrasi orang tua dan anakSalah cara membuat anak mau pakai masker adalah dengan memahami karakteristik anak. (Foto: Istockphoto/ Fizkes)

Setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda dan tak bisa disamakan satu dengan yang lain. Orang tua harus memahami karakteristik anak agar bisa lebih mudah membujuk anak memakai masker.

Buat anak merasa aman dan nyaman sehingga bisa diberi tahu dan diajak berdiskusi dengan baik.

2. Jelaskan dengan tenang

Orang tua harus bisa menjelaskan keadaan dan situasi pandemi Covid-19 dengan tenang pada anak. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti sesuai dengan usia anak.

"Katakan hal-hal seperti, 'masker mengurangi kemungkinan kita menulari orang lain,' dan, 'Jika kita semua memakai masker, kita saling melindungi,'" kata psikiater Liza Suarez, dikutip dari CNN.

3. Ajak anak memilih masker

Cara membuat anak mau memakai masker berikutnya adalah dengan mengajak anak ikut terlibat dalam proses memilih masker. Biarkan akan memilih masker yang akan mereka pakai.

Saat ini banyak masker yang sudah disiapkan khusus untuk anak-anak dengan aneka motif dan warna. Pilihlah desain yang menarik agar anak senang memakai masker.

4. Latihan

Sad illness child on home quarantine. Boy and his teddy bear both in protective medical masks sits on windowsill and looks out window. Virus protection, coronavirus pandemic, prevention epidemic.Cara membuat anak mau pakai masker adalah dengan terus berlatih. (Foto: iStockphoto/Gargonia)

Anak bisa karena terbiasa. Ajarkan anak cara memakai masker yang benar. Anak bisa diajak memakai masker di rumah untuk membiasakan diri sebelum ke luar rumah.

Gunakan permainan dan aktivitas yang menyenangkan agar anak semakin nyaman memakai masker. Misalnya, ikut memakaikan masker pada boneka.

5. Beri contoh

Orang tua dan orang dewasa di sekitar anak juga harus memberikan contoh memakai masker yang baik kepada anak. Anak akan mau mencoba saat melihat orang-orang di sekitar mereka.

Orang tua juga disarankan untuk memberikan penjelasan secara rutin kepada anak. Gunakan bahaya yang beragam agar anak tak bosan mendengar arahan orang tua. Hindari kata-kata yang memaksa. Sebaiknya, gunakan bahasa yang penuh pengertian.

Itulah beberapa cara membuat anak mau pakai masker yang bisa dilakukan orang tua atau pengasuh.

(ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK