Jokowi: Asia-Afrika Masih Berutang pada Palestina

Ike Agestu, CNN Indonesia | Rabu, 22/04/2015 10:00 WIB
Palestina menjadi satu-satunya peserta Konferensi Asia-Afrika 1955 yang belum merdeka sampai saat ini. Presiden Jokowi mengatakan negara Asia-Afrika masih beruutang pada Palestina. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo resmi membuka Konferensi Asia Afrika 2015 di Jakarta pada Rabu (22/4).

Dalam pidato pembukaan KAA, Jokowi mengungkapkan bahwa negara-negara Asia-Afrika harus mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk merdeka, mengingat sejak enam puluh tahun lalu KAA dicetuskan, hanya Palestina yang hingga kini belum merdeka dari penjajahan.

“Kita masih berutang pada rakyat Palestina. Kita tidak boleh berpaling dari penderitaan rakyat Palestina, kita harus mendukung lahirnya sebuah negara Palestina,” ujar Jokowi.  


Isu soal Palestina memang menjadi topik penting dalam KAA kali ini. Dan deklarasi Palestina juga akan menjadia satu dari tiga outcome document yang akan dihasilkan dari KAA.

Sebelumnya, pada Selasa (21/4), Jokowi mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Palestina, Rami Hamdallah, dan secara langsung menyampaikan dukungan Indonesia untuk kemerdekaan Palestina.

Sebagai langkan konkret, Jokowi juga mengatakan bahwa Indonesia akan membuka konsul kehormatan di Ramallah, Tepi Barat, Palestina. (stu)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK