Domain Internet, Seharusnya 'Dot-cor' bukan 'Dot-com'

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Senin, 16/03/2015 13:19 WIB
Domain Internet, Seharusnya 'Dot-cor' bukan 'Dot-com' Ilustrasi anak belajar dengan komputer. (Thinkstock/Randy Faris)
Jakarta, CNN Indonesia -- Internet saat ini menjadi dunia yang sangat luas dan tanpa batas. Maka tidak mengherankan, pemberian nama 'dot-com' di depan sebuah nama menjadi sesuatu yang membantu pengguna internet.

Nama ini kemudian berkembang luas di usianya yang sudah menginjak 30 tahun. Tepatnya, ketika perusahaan komputer Symbolics membeli domain 'dot-com' untuk nama Symbolics.com pada tanggal 15 Maret 1985. BACA: Kini Usia Dot-com Genap 30 Tahun

Nama 'dot-com' dimulai dari sekelompok ilmuwan yang terdiri dari 30 sampai 40 orang. Salah satunyanya adalah Craig Patridge, ilmuwan muda yang terlibat dalam diskusi tersebut.


Ketika itu internet masih sangat muda, namun sekelompok ilmuwan tersebut menjadi pelopor untuk memulai mencari jalan keluar atas masalah bagaimana untuk mengkategorikan segalanya di internet..

Banyak percakapan tentang masa depan Internet terjadi tidak dalam pertemuan formal tetapi dalam ruang informal dan malah santai. Namun, dari sanalah sejarah justru tercipta.

Seperti dilansir dari The Washington Post, awalnya para ilmuwan ini mengklasifikasan top domain dengan merefleksikan institusi individual. Misalnya, Massachusetts Institute of Technology maka menggunakan .mit.

Namun, menurut mending Jon Postel dari University of Southern California, mengatakan memilah berdasarkan lokasi geografi tak penting ketimbang klasifikasi umum. Dalam kasus MIT, maka lebih baik dikelompokkan sebagai institusi pendidikan.

Sementara klasifikasi untuk pengguna umum ada beberapa pilihan saat itu, namun bukan 'dot-com' yang dipilih.

"Seharusnya itu adalah '.cor' bukan '.com'," jelas Patridge, tanpa bisa mengingat alasan kuat kenapa berubah menjadi 'dot-com'.

Akhirnya para ilmuwan tersebut berhasil mengelompokan daftar top domain yang terdiri dari, dot-com, dot-edu, dot-org. Dia sendiri, saat itu tidak yakin, nama domain akan meledak seperti sekarang, karena penggunaan internet saat ini berbeda dengan dahulu.

Dua tahun setelah Symbolics.com menjadi nama domain komersial pertama, belum terlalu perusahaan mendaftarkan diri nama 'dot-com' melalui Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Antara tahun 1985 hingga 1987, merek domain baru ada seperti Xerox.com ( 9 Januari  1986), HP.com (3 Maret 1986). IBM,com (3 MAret 1986), Intel.com (25 Maret 1986), Adobe.com (17 November 1986) dan Apple.com (19 Februari 1987).

Kunci domain 'dot-com' menjadi sangat populer adalah ketika World Wide Web (WWW) keluar dari laboratorium European Laboratory for Particle Physics (CERN).

Hingga tahun 2015, saati ini sudah ada domain 'dot-com' baru yang didaftarkan setiap detiknya. Setidaknya 117 juta nama domain berakhiran '.com' sudah didaftarkan.

(adt)


BACA JUGA