Internet 4G LTE Telkomsel Sambangi Surabaya

Aditya Panji, CNN Indonesia | Senin, 23/03/2015 09:18 WIB
Internet 4G LTE Telkomsel Sambangi Surabaya Sejumlah pengunjung menyaksikan peluncuran layanan mobile 4G LTE dari Telkomsel di sebuah pusat perbelenjaan Surabaya, Jawa Timur, Minggu, 22 Maret 2015. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia -- Operator telekomunikasi Telkomsel resmi mengkomersialkan layanan 4G Long Term Evolution (LTE) di kota Surabaya pada Minggu (22/3). Kehadiran internet mobile kecepatan tinggi ini diharapkan bisa mendukung Surabaya untuk mewujudkan konsep Smart City.

Surabaya merupakan kota keempat yang mendapatkan akses 4G LTE dari Telkomsel, setelah Jakarta dan Bali pada Desember lalu serta Bandung pada 13 Maret lalu.

Baca juga: Selain Jaringan, Ponsel 4G Juga Harus Murah


Anak perusahaan Telkom itu mengatakan jumlah pelanggan data Telkomsel di Surabaya telah meningkat 18 persen selama tahun 2014, sedangkan dari sisi konsumsi datanya juga meningkat 38 persen.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan, 4G LTE yang memungkinkan pertukaran informasi dan data yang lebih cepat, dipercaya bisa meningkatkan produktivitas warga dan pemerintah kota Surabaya yang kini sedang memanfaatkan berbagai sistem online untuk pelayanan publik.

Saat ini kota Surabaya telah memanfaatkan sistem online, diantaranya untuk sistem administrasi kependudukan, sistem administrasi perizinan, sistem monitoring area publik, penerimaan murid baru, Surat Izin Mengemudi (SIM), portal pariwisata, CCTV pemantau lalu lintas, serta Traffic Management Center.

Telkomsel mengklaim telah membangun 161 BTS eNode B untuk menggelar layanan 4G LTE, yang mencakup dalam kota Surabaya, Gresik, Sidoarjo, serta tempat ramai macam pusat perbelanjaan, perkantoran, gedung pemerintah, residensial, dan tempat wisata.

Pada semester pertama 2015 ini, Telkomsel juga akan menggelar 4G LTE di kota Medan, Surabaya, dan Manado. (adt)