Menggali Kekayaan Kuliner Otentik Pulau Terbesar Indonesia

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Sabtu, 29/08/2015 15:53 WIB
Kuliner otentik khas kalimantan di signatures restoran, hotel indonesia kempinski. (CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak kenal maka tak sayang. Ungkapan ini nyata adanya untuk menggambarkan pengetahuan (beberapa) masyarakat umum tentang makanan otentik Kalimantan. Ini bukan hanya soal tahu dan pernah mencicip Soto Banjar saja.

Soto Banjar hanyalah salah satu dari puluhan varian kuliner Kalimantan. Namun tantangannya adalah bagaimana kuliner Kalimantan selain Soto Banjar bisa berkembang dan menjadi terkenal selain kreasi soto ini. Mungkinkah?

"Beberapa kali saya mencoba memasak untuk pesta private orang Indonesia dan juga orang luar negeri, dan ternyata mereka cocok dengan rasa makanan Kalimantan," kata chef Meliana Christanty kepada CNN Indonesia di Signatures Restaurant, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.


Sayangnya, masih hanya beberapa orang yang kenal kuliner Kalimantan. Meli, demikian dia disapa, mengharapkan ada banyak kesempatan yang diberikan hotel, restoran, bahkan lembaga pemerintahan untuk memperkenalkan makanan daerah ini.
Salah satu langkah yang ditempuh adalah lewat festival makanan. Chef Meliana Christanty dan Hotel Indonesia Kempinski bekerjasama untuk menghadirkan kekayaan kuliner di pulau terbesar Indonesia ini  dalam 5 islands in 5 weeks.

"Kalimantan itu pulau terbesar tapi justru kekayaan kulinernya belum banyak dieksplorasi," kata Meli.

"Padahal makanannya punya citarasa yang unik. Ada pedasnya, gurih, asam dan juga rempahnya."


HALAMAN :
1 2 3 4 ... 8