ANALISIS

Pedang Bermata Dua di Balik Imej Sempurna Seleb Korea

Tim | CNN Indonesia
Kamis, 21 Oct 2021 17:00 WIB
Kekisruhan dan cancel culture terkait skandal aborsi Kim Seon-ho membuka kenyataan di balik citra manis dan menawan selebritas Korea Selatan. Kekisruhan dan cancel culture terkait skandal aborsi Kim Seon-ho membuka kenyataan di balik citra manis dan menawan selebritas Korea Selatan. (Foto: dok. SALT Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kekisruhan hingga cancel culture terkait skandal aborsi Kim Seon-ho yang terjadi dalam beberapa hari terakhir membuka kenyataan di balik citra manis dan menawan para selebritas Korea Selatan.

Permasalahan bermula ketika netizen A mengaku sebagai mantan kekasih sang aktor dan mengatakan pernah dipaksa untuk mengaborsi janin dalam kandungannya.

Rumor tersebut beredar di forum online Korea pada Minggu (17/10) dan ramai jadi pemberitaan media pada Senin (18/10). Hingga Kim Seon-ho mengakui hal tersebut dan meminta maaf pada Rabu (20/10).


Banyak hal terjadi sebelum Kim Seon-ho dan agensi, SALT Entertainment, buka suara. Mulai dari penghapusan foto iklan oleh beberapa brand hingga desakan K-netz kepada saluran televisi untuk mengeluarkan Kim Seon-ho dari acara mereka.

Kim Seon-ho yang sejatinya tengah menikmati kesuksesan besarnya usai Start-Up dan menjadi pemeran utama dalam Hometown ChaChaCha harus langsung menelan pil pahit. Semua berubah dalam waktu singkat.

Ia resmi keluar dari variety show 2D1N yang turut membesarkan namanya. Ia juga didepak dari sejumlah proyek film yang seharusnya menjadi debutnya di layar lebar dalam waktu dekat.

Tak hanya itu, wajahnya yang menghiasi begitu banyak iklan di media sosial juga langsung menghilang dalam sekejap. Ia yang semula dicinta menjadi sasaran hujatan.

Dukungan penuh dan cinta dari penggemar terutama netizen Korea (K-netz) sejatinya menjadi pedang bermata dua bagi sang aktor atau idol itu sendiri.

Dukungan penuh itu bisa mengantarkan aktor atau idol berada di puncak. Namun hal itu pula yang bisa membuat para artis bisa langsung jatuh bahkan ketika berada di puncak tepat saat fan menarik dukungannya.

Hal ini adalah buah dari nilai dan etika yang dijunjung tinggi masyarakat Korea Selatan. Ini menjadi salah satu alasan artis, baik aktor atau idol, harus selalu terlihat baik tanpa cela di depan serta belakang kamera.

Tak hanya itu, artis Korea juga seperti dituntut harus memiliki masa lalu yang bersih tanpa masalah demi karier yang mulus dan berumur panjang di kemudian hari. Sebab, nasib karier para artis akan berada di ujung tanduk jika netizen menemukan kesalahan dari hidup sang artis.

Beda Nasib dengan Hollywood


Kondisi tersebut tak hanya dirasakan Kim Seon-ho. Seo Yea-ji yang juga lagi berada di puncak usai membintangi It's Okay To Not Be Okay beberapa waktu lalu mengalami situasi serupa. Ia 'jatuh' akibat tersandung masalah hubungan pribadinya dengan mantan kekasih, Kim Jung-hyun.

Ia disebut menjadi alasan di balik sikap dingin Kim Jung-hyun saat membintangi drama Time beberapa tahun lalu. Berawal dari hal itu, K-netz juga mulai menyinggung sikap kasar dan tak sopan sang aktris kepada staf.

Permasalahan itu membuatnya kehilangan sejumlah kesepakatan iklan hingga batal membintangi drama terbaru bersama aktor-aktor ternama lainnya.

Masih banyak artis lainnya yang mengalami cancel culture dari netizen Korea. Beberapa isu yang memicu hal itu, seperti bullying, pelecehan seksual, gaslighting, bahkan permasalahan dalam hubungan personal artis.

Secara garis besar, hal-hal tersebut merupakan situasi yang bertolak belakang dengan gambaran atau citra sang artis di depan kamera.

Beda perlakuan di Korea dan Hollywood di halaman sebelah...

Pedang Bermata Dua di Balik Imej Sempurna Seleb Korea

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER