Untung Rugi Liga 1 2021 Tanpa Degradasi

CNN Indonesia | Selasa, 11/05/2021 15:29 WIB
Wacana kompetisi Liga 1 2021 tanpa degradasi akan memberikan sejumlah aspek yang menguntungkan dan merugikan. Sejumlah keuntungan dan kerugian akan muncul dari rencana kompetisi tanpa degradasi. (Dok. Persita Tangerang)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wacana kompetisi Liga 1 2021 tanpa degradasi akan memberikan sejumlah aspek yang menguntungkan dan merugikan. Berikut untung rugi Liga 1 2021 tanpa degradasi.

Pada kali ini rumor kompetisi tanpa degradasi eskalasinya lebih tinggi karena sedang dalam situasi pandemi Covid-19.

Rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada 3 Mei 2021 bahkan telah menyepakati hal tersebut. Exco PSSI berpendapat, penghapusan degradasi disepakati setelah mendengar suara mayoritas klub Liga 1 2021.


Namun, PSSI kemudian meralat keputusan. Kontroversi yang muncul akibat wacana kompetisi tanpa degradasi ini akan diselesaikan dalam Kongres (tahunan) PSSI yang akan berlangsung pada 29 Mei 2021 di Jakarta.

Masalahnya, perdebatan soal degradasi ini telah melebar. Suporter klub-klub Liga 1 dan Liga 2 pun telah melakukan gerakan perlawanan. Mereka berjanji akan memboikot kompetisi jika tak ada degradasi.

[Gambas:Video CNN]

Jika dibedah secara mendalam, ada banyak untung dan rugi dari kompetisi tanpa degradasi. Namun, secara garis besar dan sederhana ada tiga keuntungan dan kerugian dari pelaksanaan liga tanpa ada yang turun kasta.

Menurut pengamat sepak bola nasional, Mohamad Kusnaeni, ada tiga kerugian dari kompetisi tanpa degradasi, yakni liga jadi tidak ideal, tidak menarik dan membuka potensi pengaturan skor, utamanya pada akhir musim.

Pemain Persija Jakarta Riko Simanjuntak (kedua kanan) berebut bola dengan pemain Borneo FC M Andika (kedua kiri) dalam pertandingan pekan pertama Shopee Liga 1 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (1/3/2020). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.  *** Local Caption ***Tanpa degradasi, peluang pengaturan skor terbuka lebar. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

"Kekhawatiran adanya pengaturan [skor] wajar, tetapi bukan satu-satunya alasan. Saat ada degradasi pun pengaturan terbukti pernah terjadi. Namun memang, ini memberi peluang terjadinya pengaturan. Itu harus diakui," katanya.

Adapun keuntungan kompetisi tanpa degradasi adalah memudahkan keluarnya izin pertandingan dari kepolisian, lebih mudah menerapkan protokol kesehatan Covid-19, dan memberi rasa keadilan kepada semua klub.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

"Kondisinya sekarang memang tidak ideal. Itu poinnya. Jika kompetisi tidak ada home and away, akan menjadi keadilan bagi klub jika tak ada degradasi. Kita harus jujur melihat keadaan," ucap pengamat yang biasa disapa Bung Kus ini.

Pelaksanaan Liga 1 2021 Butuh Komitmen Klub

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK